Wisata Alam yang Indah di Kulon Progo, Taman Sungai Mudal

DIY Sedang di Yogyakarta dan ingin menikmati keindahan alam yang anti-mainstream? Datang saja ke Kulon Progo. Di sana terdapat ekowisata bernama Taman Sungai Mudal.

Ekowisata ini menawarkan air terjun dan kolam-kolam pemandian yang airnya berasal dari mata air alami. Dinamakan Mudal merujuk pada kondisi air yang selalu melimpah, tidak pernah surut dan jernih.

Dilansir dari berbagai sumber, sejarah ditemukannya Taman Sungai Mudal dimulai sekitar tahun 2011 melalui program bersih-bersih saluran air yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Awalnya para warga hanya membersihkan saluran mata air yang bersumber dari goa, namun ternyata air yang mengalir tersebut sangat jernih dan berguna untuk kebutuhan masyarakat.

Melihat hal tersebut, para warga menata kawasan itu menjadi objek wisata di tahun 2015. Mereka juga membuat kolam yang bersumber dari mata air tersebut, ditambah dengan penataan fasilitas pendukung lainnya.

Pada akhirnya, pesona yang ditawarkan menjadi sebuah taman yang sangat indah dilengkapi dengan kolam-kolam yang jernih.

Sebelum memasuki areanya, kamu akan disuguhi pemandangan yang indah dengan kesejukan dari pepohonan yang rindang mengelilingi ekowisata ini. Di sana terdapat beberapa jembatan bambu yang menghubungkan jalan menuju Taman Sungai Mudal.

Sesampainya di kawasan tersebut, kamu akan melihat keindahan sungai yang mengalir dengan jernih berwarna kehijauan.

Suasana di sekitar sangat mendukung wisatawan untuk menceburkan diri dan menikmati keindahan di sungai. Bahkan fasilitas kolam sudah ditata dengan baik. Ada dua kolam di sana, diperuntukkan bagi dewasa dan anak-anak. Mereka juga menyediakan ban dan pelampung untuk berenang.

Di sekitar area sungai, tersedia gazebo bagi kamu yang tidak ingin berendam. Ada juga bebatuan kecil yang memudahkanmu dalam mengabadikan momen di sana. Ini menjadi liburan yang menyenangkan.

Selain Taman Sungai Mudal, di sekitar kawasan ini ada juga air terjun dan pesona alam lainnya yang tak kalah indahnya. Di antaranya ada Air Terjun Grojogan Sewu, Kedung Pedut, Air Terjun Kembang Soka, Curug Setawing, Watu Blencong, dan Gunung Lanang.

Tak hanya wisata airnya, kamu word play here dapat pergi ke Goa Kiskendo atau Goa Sumitro dekat dengan Taman Sungai Mudal untuk melihat aneka bebatuan unik, mengamati burung, dan bermain bersama di outbound.

Untuk jam operasional Taman Sungai Mudal dibuka mulai pukul 08.00 WIB-- 16.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang. Untuk menikmati wahana lainnya seperti flying fox, pengunjung akan dikenakan tarif tambahan.

Jika kamu tertarik untuk berendam di sana, silakan datang ke Taman Sungai Mudal yang berada di Dusun Banyunganti, Desa Jati Ulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gunung Merapi, Dalam Sehari Mengalami 323 kali Gempa Guguran